Dikira Menyehatkan, 5 Makanan Asam ini Ternyata Berbahaya

Selama ini banyak sekali orang yang menghindari makanan asam dengan alasan membuat lambung perih. Lemon, cuka dan yoghurt adalah beberapa makanan yang sangat dihindari padahal ketiganya diketahui mengandung manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Ya, untuk menilai efek sebuah makanan terhadap tubuh memang bisa kita perhatikan dari gejala yang muncul setelahnya. Jika lambung tiba-tiba perih dan tubuh menjadi lemas selepas mengonsumsi makanan atau minuman asam sebaiknya segera berhenti. Sebab apa yang nampak menyehatkan kadangkala dapat menjadi racun untuk tubuh. Setidaknya ada 5 makanan asam yang ditengarai menyehatkan namun ternyata berbahaya untuk lambung

1. Cuka Apel

Beberapa sendok cuka apel yang dikonsumsi sebelum tidur akan membantu menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Cuka apel juga mengandung asam amino yang dapat menangkal rasa lelah selepas berolahraga. Tambahkan satu atau dua sendok makan cuka apel dan campurkan dengan minuman, sayuran dingin atau segelas air untuk meningkatkan energi.

Namun jangan meminum cuka apel dalam keadaan perut kosong apalagi jika kamu sudah menderita sakit magh. Atau jika tetap ingin menikmati cuka apel di pagi hari sebelumnya minum Colidan terlebih dulu. Suplemen lambung yang satu ini efektif menangkal rasa tak nyaman pada lambung yang muncul selepas meminum cuka apel.

2. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yakni bakteri yang baik untuk saluran pencernaan. Keberadaan probiotik ini mampu menyeimbangkan organime dalam usus, sehingga selain membantu sistem pencernaan juga memacu fungsi kekebalan tubuh. Dalam yogurt yang dikonsumsi kamu akan mendapatkan nutrisi seperti kalsium, vitamin B-2, B-12, potasium, dan magnesium. Tapi para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak meminum yogurt ketika sakit magh kamu sedang kambuh karena dapat memicu produksi asam lambung semakin banyak.

3. Kimchi

Bagi penggemar Drama Korea, makanan yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi. Komposisi yang terdiri dari sayuran segar dan bubuk cabai ini terbukti membawa dampak baik untuk tubu. Tapi makanan olahan yang di fermentasi sering mengakibatkan kanker perut karena mengandung senyawa N-nitroso. Tapi bukan berarti kamu mesti menyingkirkan kimchi dari meja makanmu, konsumsi boleh asal jangan terlalu berlebihan.

4. Lemon

Meminum air lemon dipagi hari saat perut masih kosong sangat direkomendasikan karena mampu membuat kulit cerah seharian. Namun menurut informasi yang dihimpun Bisnis.com, meminum terlalu banyak jus lemon dapat memicu rasa panas diperut yang merupakan gejala sakit maag. Terlalu berlebihan mengonsumsi jus lemon berpotensi mengiritasi selaput lendit dan menyebabkan sakit perut dan asam refluks atau mulas. Jika kamu punya riwayat sakit magh mungkin ada baiknya tidak langsung meminum air lemot saat bangun tidur dipagi hari.

5. Asam

Herbal yang satu ini biasanya sering dicampurkan dalam sajian sayur asam. Dalam setiap buah asam mengandung beberapa kandungan seperti asam tatrat, malat, sitrat, suksinat dan asetat yang berkhasiat sebagai pencahar, melancarkan buang besar dan melancarkan peredaran darah. Tapi jika tidak diperhitungkan konsumsinya dapat menyebabkan asam refluks karena adanya produksi asam yang berlebihan.

Imbangi dengan suplemen lambung

Kelima makana dan minuman diatas bisa tetap dinikmati asalkan diimbangi dengan asupan makanan lain serta suplemen lambung yang tepat agar kesehatan perut tetap terjaga. Salah satu yang direkomendasikan adalah Colidan, suplemen bahan alami yang mengandung ganggang laut cokelat ini terbukti membantu memelihara lambung. So, tak perlu lagi taku mengonsumsi makanan asam.

Rekomendasi

COLIDAN
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
KESEHATAN
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
LIFESTYLE