7 Tradisi Unik Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Setiap daerah pasti memiliki tradisi masing-masing dalam menyambut dan merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tradisi dalam menyambut hari Kemerdekaan yang berbeda ini semakin menunjukkan betapa kayanya negeri kita ini. Bahkan tradisi inipun sarat akan makna mendalam yang bisa mengingatkan akan perjuangan leluhur dalam memerdekakan negara dan tentunya mempererat persaudaraan.

Mau tau apa saja tradisi unik yang dilakukan di beberapa daerah di Indonesia dalam menyambut Kemerdekaan Repbulik Indonesia?

Lomba Dayung, Banjarmasin


Belum lengkap sepertinya bagi masyarakat Banjarmasin jika di hari Kemerdekaan negara ini tidak merayakannya dengan lomba dayung. Lomba ini selalu diikuti ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Lomba mengambil tempat di Sungai Marta Pura dengan jarak tempuh 500 meter untuk mendayung. Selain mendapatkan hadiah uang, pemenang pun akan mendapatkan piala bergilir dari Gubernur Kalimantan Selatan.

Satu lagi yang membuat lomba dayung ini menarik adalah pakaian pesertanya. Mereka menggunakan pakaian tradisional daerahnya dan menunjukkan betapa indah serta beragamnya Indonesia.

Festival Telok Abang, Palembang


Festival Telok Abang ini selalu diselenggarakan warga Palembang dalam menyambut HUT Ri. Telok Abang dalam bahasa Palembang berarti telur merah. Dan telok abang sendiri merupakan telur yang dicar dengan warna merah lalu ditancapkan pada perahu, pesawat, ataupun mobil mainan yang terbuat dari gabus dan kayu.

Jika menjelang hari Kemerdekaan di daerah kamu hanya melihat orang-orang berjualan bendera merah putih berbagai ukuran dan model. Di Palembang, kamu akan melihat pedang yang menjual Telok Abang di sepanjang jalan. Telok Abang ini biasanya dibandrol dengan harga Rp 15.000 – Rp 150.000.

Tradisi Baritan, Malang


Di Malang sehari sebelum menyambut hari Kemerdekaan, warganya akan melaksanakan tradisi Baritan. Tradisi ini berisikan sambutan dari berbagai pihak, penyampaian pesan-pesan moral perjuangan dan kemerdekaan, lalu ditutup dengan baritan.

Baritan sendiri adalah kegiatan makan bersama sambil duduk lesehan menghadap tumpeng. Tradisi ini sudah dilakukan turun temurun dengan harapan generasi muda tidak lupa akan perjuangan leluruhnya dalam membantu memerdekakan Indonesia. Tradisi ini juga menjadi rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan Tuhan, juga sebagai ajang saling mendekatkan diri satu sama lain.

Saat mengikuti tradisi ini jangan sampai mengalami hal-hal tak mengenakkan seperti perut kembung atu perih, cegah segala gejala ini dengan terlebih dulu mengonsumsi Colidan, suplemen lambung yang enak dan aman dikonsumsi setiap hari.

Lari Obor Estafet, Semarang


Lomba lari obor estafet ini sudah dilakukan selama 32 tahun di Semarang loh. Tradisi ini selalu dilakuan menjelang hari Kemerdekaan Indonesia dan memiliki filosofi yang dalam. Filosofi itu adalah obor yang sebagai simbol semangat para pahlawan dalam memperjuangakn kemerdekaannya. Lari obor estafet yang melibatkan kerjasama tim ini juga memiliki tujuan agar masyarakat tetap bergotong royong dan bekerja sama untuk selalu menjaga keutuhan negara Indonesia.

Lomba Sampan Layar, Batam


Indonesia memang kaya akan suku dan budaya. Salah satu keindahan Indonesia bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Batam menjelang hari Kemerdekan Indonesia. Di sini Anda bisa menikmati warna-warni layar perahu di air laut biru cerah Batam.

Perlombaan sampan layar ini memang setiap tahun diselenggarakan dalam rangka perayaan 17 Agustus. Uniknya perlombaan ini sudah ada loh sejak tahun 1959.

Tradisi Tirakatan, Yogyakarta


Tradisi ini diselenggarakan setiap tanggal 16 Agustus malam dan diisi berbagai kegiatan seperti pembacaan sambutan dari Gubernur DIY, tahlilan, dan doa bersama. Tradisi ini pun diramaikan dengan pembacaan mocopat atau seni pembacaan syair. Uniknya mocopat ini dibacakan dengan cara ditembangkan (dinyanyikan) menggunakan bahasa Jawa. Biasanya mocopat ini bercerita mengenai sejarah dan kejayaan kerajaan di Jawa.

Pertunjukan Kesenian, Sukabumi


Warga Sukabumi selalu memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia dengan cara mempertunjukkan kesenian. Pertunjukan kesenian ini dilakukan setelah upacara peringatan Kemerdekaan usai. Kesenian yang warna Sukabumi tampilkan salah satunya adalah pencak silat. Uniknya, kesenian yang mereka tampilkan selalu dibumbui komedi dengan tema berbeda-beda setiap tahunnya.

Nah menarik bukan tradisi yang berlangsung dalam menyambut hari Kemerdekaan Indonesia ini? Mengambil cuti dan traveling di hari dekat dengan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ini pun bisa menjadi pilihan agar liburan lebih bewarna. Siapa tau di daerah tempat Anda berlibur menyelenggarakan tradisi unik dalam merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumber gambar:

Lomba Dayung : dparagon.com

Festival Telok Abang : http://www.palembang-tourism.com

tradisi baritan : www.banyuwangibagus.com

Lari Obor Estafet : tyoclothes.blogspot.com

Lomba Sampan Layar : kanalsatu.com

Tradisi Tirakatan : www.kisahfoto.com

Kesenian Sukabumi : http://www.jalansanasini.com

Rekomendasi

COLIDAN
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
KESEHATAN
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
LIFESTYLE