7 Makanan Terpedas se-Indonesia, Berani Coba?

Dari Sabang sampai Merauke ternyata Indonesia bisa menjadi surganya makanan pedas. Buktinya, ada banyak masakan yang digali dari resep warisan asli Indonesia dengan cabai dan bumbu rempah khas unik di masing-masing daerah. Setidaknya ada 7 makanan terpedas se-Indonesia yang bisa bikin ingus meler, mata melotot, dan perut terbakar. Apa saja? Yuk simak dibawah ini.

1. Ikan Bakar Rica-Rica Manado


Kuliner Manado terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit karena memang mayoritas orang Manado suka makanan pedas. Tak heran kalau salah satu favorit wisatawan saat berkunjung ke ibu kota terumbu karang dunia ini adalah sajian superlezat dan superpedas rica-rica ikan bakar.

2. Plecing Kangkung Khas Lombok


Plecing Kangkung asli Lombok memiliki cita rasa yang sangat khas. Biasa disajikan bersama dengan Ayam Taliwang yang diolah dengan resep tradisional. Kangkung yang digunakan untuk plecing merupakan varietas khusus sehingga tampilannya hijau segar meski sudah direbus. Ditambah siraman sambal dari cabai, tomat, dan terasi khas Lombok bikin plecing kangkung ini makin cetar pedasnya.

3. Ayam Betutu Bali


Menu khas Bali ini sangat terkenal dengan kelezatan dan kepedasannya. Ayam kampung yang diolah dengan bumbu racikan khas Bali, paduan sayur, dan dilengkapi dengan sambal yang sangat pedas bisa bikin keringat bercucuran.

4. Mie Aceh


Makanan terpedas yang sangat populer di Aceh tentu saja: mie Aceh. Beda dengan mie dari daerah lain mie Aceh bertekstur tebal dan dimasak dengan bumbu pedas kari plus seafood (cumi-cumi, kepiting). Rasanya? Sudah pasti nampol pedasnya.

5. Nasu Palekko dari Makassar


Makanan terpedas di daerah Makassar yang nggak boleh dilewatkan adalah hidangan itik satu ini: Nasu Palekko.
Makanan ini nendang banget pedesnya, karena diracik dengan bumbu yang komplit dan sangat pedas. Itiknya sendiri diramu dengan bumbu yang kental, plus dimasak dengan kuah kental yang spicy dan bikin lidah terbakar.

6. Sambal Lu’at Khas Kupang


Dalam jajaran sambal terpedas, sambal lu’at khas Kupang ini termasuk yang luar biasa. Nggak Cuma bisa bikin bibir jontor, sambal lu’at juga bisa bikin perut mulas luar biasa karena saking "jahatnya".
Sambal ini biasa menggunakan bahan khas daerah Kupang yakni cabai padi yang terkenal panas dan dicampur dengan jeruk nipis. Beneran deh, ini sambal sempurna banget untuk dimakan bersama daging dan ikan yang dimasak dengan teknik khusus.

7. Natinombur Sambal Andaliman Medan


Masakan khas Medan yang tak kalah sengitnya adalah Na Tinombur atau natinombur yang merupakan ikan bakar (bisa lele bisa mujair) yang dilengkapi dengan sambal Andaliman khas Medan. Keistimewaan makanan ini adalah sambal khas Medan yang mengandung merica Medan (Andaliman).
Andaliman ini hanya ada di Medan dan cita rasanya sangat pedas hingga bikin lidah kelu/ mati rasa (karena kandungan hydroxyalpha-sanshool). Sensasi ini nggak akan kamu dapetin di sambal-sambal lain lho. Jadi kalau kamu ngaku pecinta kuliner pedas, jangan lewatkan menu ini ya.

Pastikan saat mencoba sambal ini toilet terdekat nggak lagi antre ya, persiapkan juga lambungmu dengan mengonsumsi Colidan sebelum menikmati sambal super pedas ini. Jangan sampai kenikmatanmu terganggu karena sakit lambung yang tiba-tiba mendera.
Dari 7 makanan ini mana yang sudah pernah kamu cicipi dan menurutmu paling pedas?

Rekomendasi

COLIDAN
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
LIFESTYLE
KESEHATAN
TIPS LAMBUNG
LIFESTYLE
LIFESTYLE